6 Minuman Sakti Untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Maret 01, 2020



 

Siapa di sini yang punya cita-cita kurus tapi hobinya makan? Kalau makannya makanan sehat sih gak apa-apa, tapi kalau sehari-hari sarapannya Burger McD, ngemilnya kentang goreng KFC, makan siang nasi padang, minumannya thai tea yang boba-boba-an.

Ya kalau mau punya badan kayak Jennie Blackpink sih paling hanya bisa dalam mimpi doang.

Kekinian makin banyak orang yang sadar kalau badannya sudah terlalu kotor, alias kebanyakan junk food. Berat badan tak terkendali, lipatan lemak di perut bikin sesak ketika duduk. "Ya ampun pengen kurruussss…"

Tapi cita-cita ingin kurus itu jelas salah lho netizen, kalau mau kurus doang mah gampang. Gak makan seminggu juga kurus, tapi ya gak bisa jamin kesehatannya baik atau tidak.

Pertama-tama, ubah dulu mindset-nya, mau hidup sehat. Badan ideal. Nah ini yang benar. Sehat itu investasi termahal dalam hidup. Namanya investasi pasti hasil awalnya gak terlalu keliatan, tapi dirasakan setelah beberapa tahun kemudian.

Gak mau kan sudah tua badan renta, umur belum sampe 50 tapi udah sakit-sakitan. Kolestrol lah, asam urat lah. Kalah sama nenek kita zaman dulu, yang usianya sudah ratusan, sakitnya paling karena masuk angin atau sakit usia.

Saya akan sering share tentang dunia per-dietan atau membahas apapun tentang makanan dan minuman sehat yang bisa dikonsumsi selama hidup. Supaya terus sehat sampai tua, dan badan ideal saat muda.  Mau?

Sekarang, saya akan membahas minuman sakti untuk turunkan berat badan. Beneran ampuh?

1. Teh hijau
Image by https://www.healthywomen.org/
Bukan hanya dikenal sebagai antioksidan, minuman sakti pertama yang saya bahas adalah teh yang dipercaya bisa bantu turunkan berat badan. Coba cari ramuan teh hijau alami, minum rutin setiap pagi atau sore, ingat jangan pakai tambahan gula ya.

Apa aja sih kandungan yang ada di dalam teh hijau?
  • Ternyata minuman ini punya senyawa EGCG (Epigallocatechin gallate) dan kafein yang membantu mobilisasi lemak yang ada dalam sel lemak
  • Membantu membakar lebih banyak lemak, terutama ketika diminum sebelum olahraga
  • Teh hijau juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh
  • Terakhir, teh ini bisa mengurangi nafsu makan berlebihan. Jadi gak gampang laper
Gimana? Banyak banget kan manfaatnya. Yuk mulai konsumsi teh hijau rutin!

2. Kopi
image by img.jakpost.net
Eits, ini bukan starbuck atau coffee yang ada bubble kesukaan kamu dan gank kamu itu ya. Kopi yang harus dikonsumsi adalah kopi hitam tanpa campuran apapun. Minuman sakti ini dipercaya bisa membantu membakar lemak dengan kandungan zat kafein dan klorogenat-nya. Tips diet kopi gampang lho.
  • Konsumsi kopi hitam setelah makan, dua cangkir perhari (480-700 mil)
  • Hindari gula dan campuran lain
  • Minum sebelum olahraga
  • Pilih kopi kualitas terbaik, seperti sasame coffeecoffee blend yang menggunakan biji berkualitas terbaik. Atau kopi hijau yang memiliki asam klorogenat dan kafein lebih tinggi.
Buat kalian para pecinta kopi, harusnya gampang dong diet pake cara ini. Sudah siap kan dengan pahitnya? Yang pasti gak lebih pahit dari hidup kita deh, hehe

3.     Air (wedang) Jahe
image by image-cdn.medkomtek.com
Siapa sangka ternyata bumbu dapur yang biasa dipakai ibu-ibu untuk membuat opor atau semur juga bisa buat bantu kurus. Jahe atau Bahasa latinnya Zingiber officinale ini diyakini mampu menekan produksi hormon kortisol dalam tubuh kita. Yang artinya, bisa mengurangi nafsu makan berlebih.

Minum air jahe rutin setiap hari punya segudang manfaat:
  • Mempercepat pembakaran lemak
  • Melancarkan metabolisme
  • Melebarkan pembuluh darah
  • Mengurangi kadar kolesterol
  • Melancarkan pencernaan
  • Bersifat anti-mikroba dan anti-virus
Murah, mudah didapat, dan punya banyak banget manfaat. Masa iya masih mau bilang ‘diet itu mahal…’ juga.

4.     Jus / air perasan lemon
image by www.medicalnewstoday.com
Hhmmm, bayangin minumnya aja udah seger banget. Ini salah satu minuman sakti terfavorite banyak orang diet, termasuk saya. Rutin minum perasan lemon dicampur madu dan chia seed, tiga kali sehari (pagi, siang dan malam sebelum tidur) ampuh banget menekan nafsu makan.

Selain itu, vitamin C dan serat yang tinggi pada lemon akan membantu membakar lemak dan memperlancar pencernaan.

Tips minum air lemon:
  • Minum pagi hari, dalam kondisi hangat. Campur dengan madu, jika minum dalam keadaan perut kosong, karena kandungan asamnya yang sangat tinggi. Apalagi kalau kamu punya maag
  • Minuman sakti ini bisa diminum dingin atau hangat, disesuaikan waktu minum dan juga campurannya
  • Lemon bisa dicampur teh hijau, madu, jahe, atau jeruk nipis. Pilih mana yang kamu suka
Harganya memang cukup mahal, tapi sekarang sudah banyak dijual sari lemon perasan asli. Bisa di-search di toko online langganan.

5.     Madu

image by newsbeezer.com
Madu memang sudah tidak diragukan manfaatnya untuk kesehatan, pengobatan, kecantikan bahkan perawatan rambut. Seberfaedah itu keberadaannya. Walau rasa manis harus dikurangi ketika diet, tidak dengan madu. Terutama madu alami. Asal tahu cara mengonsumsinya, bisa banget lho untuk campuran makanan/minuman diet kamu. Penambah rasa nikmat biar gak hambar banget.

Madu punya kandungan
protein, riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), pantothenic acid (vitamin B5), vitamin B6, folate (vitamin B9), vitamin C, calcium, iron, magnesium, phosphorus, potassium and zinc.

Bahkan dipercaya mengandung antioxidant yang hanya bisa ditemukan dalam madu, yaitu pinobanksin, chrysin, catalase dan pinocembrin

Cara konsumsi madu dalam diet, ada banyak cara:
-        Minum madu dengan air hangat yang dicampur dengan lemon segar atau jeruk limau
-        Minum kira-kira ½ jam sebelum makan
-        Campurkan madu dengan ½ sendok teh bubuk kayu manis setiap pagi
-        Madu juga baik dikonsumsi dengan teh hijau
Beda dengan janji, yang manisnya terbukti emang cuma madu asli. Sudah manis, bisa bantu kamu kurus lagi

6.     Air putih
image by media4.s-nbcnews.com
Yup, yang terakhir dan justru paling ampuh untuk bantu turunkan berat badan tidak lain dan tidak bukan adalah air putih. Air yang kita konsumsi harian. Menurut penelitian, terbukti bahwa mengonsumsi air putih sebanyak 1,5 liter selama 8 minggu, dapat membantu menurunkan berat badan

Buat kamu yang lagi program berat badan idela, disarankan minum air putih kira-kira dua gelas sebelum makan untuk memberikan efek kenyang, jadi makannya bisa dikontrol.
Selain tidak mengandung kalori, air putih juga dipercaya untuk melancarkan kerja ginjal dan membantu membuang sampah/racun berbahaya dalam tubuh.

Nah tips biar ga bosen minum air putih banyak-banyak:
  • Minum air putih campur perasan buah atau buah utuh (buat infuse water), ini dipercaya bisa membantu kenyang dan sehat
  • Bisa minum air putih dingin atau hangat, sesukanya. Tidak ada fakta menunjukan air dingin bikin gemuk
Ini yang paling murah, dan paling berkhasiat untuk membantu turunkan berat badan kalian.

Pilih nomor berapa untuk mulai diet hari ini?

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: