7 Tempat Wisata Alam di Bogor Paling Instagrammable

Maret 03, 2020


Siapa bilang liburan yang mewah itu harus mahal? Kita bisa menikmati keindahan alam dengan liburan tipis-tipis modal melipir beberapa jam doang dari Jakarta.

Yup, Bogor punya daftar tempat wisata alam paling indah dan keren. terutama buat kalian yang suka wisata alam, atau berjiwa petualang yang hobi jalan-jalan ke destinasi terbuka.

Ada banyak banget tempat wisata di sekitaran Bogor bernuansa alam kekinian, jangan lupa bawa kamera dan siap pose terbaik.

Cekrek…!

1. Danau Quarry Jayamix, Tegalega, Cigudeg, Bogor

image by www.dailysia.com
Walau rute ke Danau Quarry ini terkenal cukup sulit, tapi kelelahan kalian akan terbayar dengan adanya pemandangan luar bisa menakjubkan.

Bayangkan ketika sepasang mata lelah kita bisa menatap langsung air danau berwarna kehijauan. Dikelilingi tebing batu yang seolah memeluk genangan air tenang.

Tapi khusus area wisata ini tidak untuk coba-coba pose nekat naik ke atas tebing, apalagi berenang di danau.

Karena danau yang dulunya bekas penambangan pasir ini diperuntukkan sebagai spot foto dan hanya bisa dipandangi sambil mengagumi ciptaan Tuhan dan kekayaan alam yang kita miliki.

Lokasi : danau ini ada di Desa Kampung Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat
Tiket masuk : Gratis, hanya siapkan uang parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil
Kalau kalian mau naik bebek-bebekan untuk keliling danau bisa bayar Rp 10.000 per-orang

2. Jacuzzi Alami, Gunung Peyek

image by wisatacarague.blogspot.com
Pernah gak berendam di air belerang kolam renang? Ah biasa. Kalau berendam di jacuzzi alami kolam air hangat di tengah sawah pernah gak? Sini deh ke Gunung peyek.

Sst, mumpung masih belum banyak yang tahu tempat ini. Jadi kalian bisa jadi pelopor wisata alam kekinian dan langka, dan jadi yang paling tahu di antara teman se-gank.

Rasa lelah sepekan bekerja, atau pusing karena kerjaan yang gak beres-beres, hempas saja dengan berendam di air hangat yang bisa memberi aura positif dan konon juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Terutama penyakit bau kalau gak mandi, huehehehe

Yang pasti salah satu tempat wisata alam Bogor yang bisa dinikmati keindahannya ini ada di pemandian air panas gunung peyek.

Jangan lupa abadikan momen berendam di jacuzzi alam sambil menikmati sunset.

Lokasi Jalan Pasar Ciseeng, Parung, Bojong Indah, Parung, Bogor, Jawa Barat 
Tiket masuk : Rp 5.000

3. Menyatu dengan alam, dengan menginap mewah di Pondok Rasamala

image by pondokrasamala.com
Mau liburan dengan nuasana alam yang tenang, tapi bisa tidur di tempat dengan fasilitas lengkap, ya ke Pondok Rasamala pilihannya.

Di sini kita bisa merasakan sensasi camping di alam terbuka hutan pinus dengan kemewahan hotel yang lengkap. Ada kolam renang, lapangan sepak bola, ruang pertemuan dan area untuk kumpul di saung-saung.

Untuk aktivitas kantor atau instansi, di sini juga difasilitasi paket kegiatan outbond, company gathering sampai private party.

Atau buat para backpacker, bisa juga menginap dengan fasilitas glamping di tengah hutan, menikmati dingin malam dengan hangat api unggun dan tidur ditemani suara serangga. Kalau tengah malam jangan kaget kalau tiba-tiba tempat tidur diselimuti kabut. Lengkap deh kemewahan alamnya.

Mau foto-foto bareng teman grup, jangan lupa manfaatkan barisan pohon eksotik atau derasnya air terjun sebagai background. Atau percantik feed Instagram kalian dengan stok foto bermain di area hutan pinus.

LokasiKawasan Wisata Gunung Salak Endah, Jalan Gunung Bunder, Gunung Sari, Pamijahan, Bogor Barat, Gn. Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat
Tiket masuk : Berdasarkan fasilitas yang disewa

4. Suaka Elang Loji

image by ksmtour.com
Bermain sambil belajar, tepat kalau berkunjung ke lokasi wisata edukasi Penangkaran burung elang di kampung Loji.

Bukan cuma keindahan hutan pinus yang rindang dengan hawa sejuk menyegarkan. Di sini kita juga bisa belajar tentang seluk beluk elang sampai proses perkembangbiakan.

Spot terfavorit berfoto di area sini adalah jembatan gantung suaka, tentu saja selain hutan pinus dengan pohon rapat menjulang. Jalan setapak menuju penangkaran juga bisa jadi pilihan pose cantik dengan background keindahan alam.

Oh iya, kalau kalian niat menginap, di tempat ini juga ada area perkemahan. Ya jangan nanggung deh kalau wisata ke sini, karena rutenya juga ga mudah, jadi sekalian aja bermalam, biar puas menikmati pemandangan.

Lokasi Cijeruk, Bogor, Jawa Barat
Tiket masuk : Rp 5.000 – Rp 7.000

5. Curug Cipamingkis

image by curugcipamingkis.com
Sering liat foto dengan latar curug mengalir di antara ceruk pohon-pohon rindang? Indah banget ya. Gak usah jauh-jauh kalau mau foto kayak gitu juga, di Bogor yang kaya dengan tempat wisata alam memang serba ada.

Selain air terjunnya yang fenomenal, spot foto terbaik ada di atas rumah pohon Cipamingkis.
Kita bisa menikmati aroma hijau dan wangi pepohonan hutan pinus, sambil menatap alam membentang.

Atau banyak juga yang memanfaatkan miniature dek kapal di atas aliran sungai deras di antara celah stone garden.

Daya tarik area ini juga bukan hanya air terjun dan rumah pohonnya, tapi kalian bisa berfoto di gardu pandang, foto bintang, jembatan cinta, perahu asmara, atau di taman baratayudha.

Kalau mau makin menyatu dengan alam di malam hari, kalian juga bisa menginap karena tersedia camping ground

Lokasi Jonggol, Sukamakmur, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat
Tiket masuk : sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000

6. Canopy Trail

image by www.n-journal.com
Ini adalah salah satu tempat wisata baru di Kawasan Gunung Gede Pangrango. Buat para backpacker, jalan-jalan ke area puncak itu sebuah keharusan. Dan Bogor adalah salah satu kota yang kaya tempat wisata nuansa alam.

Canopy trail adalah jembatan gantung terbuat dari besi yang terhubung dari tebing ke tebing. Nah pas banget buat kalian yang suka wisata alam sekaligus uji nyali. Karena melewati jembatan ini ada tantangan tersendiri. Bayangkan kalian bisa menyebrangi jembatan sepanjang 125 meter dan berada sekitar 25 meter dari atas permukaan tanah, yang berayun-ayun ketika melewatinya. Hiii

Oh ya, naik jembatan ini juga gak bisa langsung keroyokan naik se-RT, karena dibatasi hanya untuk 5 orang. Harus bergantian.

Siapa yang berani ke sini? Ayo buktikan!

Lokasi Resort PTN Mandalawangi pintu masuk pendakian Cibodas, Jawa Barat
Tiket masuk : Sekitar Rp 30.000

7. Paragaya Puncak

image by mamikos.com
Kalau kalian pernah wisata ke Kalibiru Jogja, atau Maribaya Bandung, pasti familiar dengan view ini. Memang mirip-mirip. Kali ini adanya di Bukit Paralayang Bogor.

Untuk meningkatkan level ke-kerenan kamu berwisata di puncak, kalian bisa naik paralayang yang didampingi para professional.

Kebayang dong, menikmati indahnya kota Bogor di atas puncak sambil melayang-layang di atas permukaan bumi, kayak burung.

Buat yang pengecut, kayak saya. Cukup pose cantik di titian Paragaya atas pohon sambil memandangi indahnya alam semesta.

Lokasi JL Raya Puncak, KM 87, Bukit Paralayang, Puncak, Tugu Sel, Cisarua, Bogor, Jawa Barat
Tiket masuk : Rp 13.000,- dan ada tambahan biaya foto Rp 15.000


You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: