Dari Mana Freelance Writer Dapat Uang?

Maret 25, 2020


Dari tulisan. Hehe

Kerjaan content writer memang cuma nulis, berimajinasi, mikir yang enak-enak, setiap tarikan nafasnya dipakai untuk berpikir ‘bikin materi apa ya…?’

Kemajuan dunia internet saat ini tidak hanya menguntungkan para pencipta teknologi dan kemudahan akses virtual. Tapi bisa dimanfaatkan untuk perubahan profesi.

Beberapa pekerjaan bahkan sudah diganti dengan kecanggihan teknologi internet, mulai dari robot pembantu manusia sampai akses pintu parkir swalayan sudah diganti mesin. Di-replace tugasnya oleh kecerdasan buatan.

Banyak pilihan profesi baru yang juga bisa memanfaatkan dunia internet. Mulai dari buka store atau jualan online, jadi youtuber, dan sebagai freelance conten writer juga bisa jadi salah satunya.
Buat siapapun yang punya hobi menulis, saatnya manfaatkan hobi kita jadi berpenghasilan.

Gimana caranya? Terus menulis.
Dari mana dapat uangnya? Dari tulisan.

Sebelum kita membahas dari sumber pendapatan seorang freelance writer, ada baiknya kita samakan persepsi bahwa menjadi penulis online itu bukan sebuah pekerjaan instan untuk dapat uang banyak. Terutama buat para pemula. Gak bisa langsung kaya raya gitu aja. Perjalanannya sangat panjang, butuh waktu bertahun-tahun untuk kemudian bisa ‘menjual karya’.

Untuk para writer pemula, menikmati proses menulis dan terus melahirkan tulisan-tulisan itu jauh lebih penting daripada berpikir harus dapat uang dari tulisannya.

Bukan, bukan berarti bercita-cita menjadi penulis supaya kaya raya itu terlarang. Tapi ketika yang dikejar adalah hasilnya, tulisan yang lahir tidak akan pernah tulus. Menulis itu harus keluar dari hati. Bukan hanya dari pikiran. Dan tidak bisa berhenti, sepanjang nyawa masih hidup berdenyut di dalam raga. Sampai selama itu.

Sudah siapkah dengan konsekuensi itu? Jika iya, bisa lanjut baca tulisan ini sampai habis.


Sekarang, saatnya kita membahas dari mana cuan para penulis online?

1. Blogging
Suka menulis, buat blog sendiri. Jangan pernah menunda untuk menulis apapun. Buat blog pribadi sebagai etalase untuk memajang karya dan bangun profile kamu sekarang. Blog niche atau campur-campur, jangan berpikir terlalu banyak, buat saja dan tulis sekarang. Sesuaikan konten dengan kemampuan menulis kamu. Bisa menulis parenting, review, teknologi, games, travel atau kumpulan puisi. Semua bisa ditulis dalam satu blog. Semakin bertambah waktu, kita akan semakin tahu apa yang ingin kita perbarui dalam tulisan maupun blog kita. Jangan berhenti. Jangan lupa pasang google ads untuk mengizinkan google memasang iklan di blog kamu. Beberapa iklan akan terpasang sesuai konten yang kita buat. Jangan berhenti menulis, jangan pedulikan hasil iklan. Yang jelas semakin banyak menulis, semakin banyak pengunjung, uang akan berdatangan dengan sendirinya. Latih kemampuan menulis setiap hari. Dengan cara jangan pernah berhenti menulis dan membaca.

2. Content writer
Kekinian sudah banyak sekali platform penyedia jasa freelance content writer. Setiap hari ada puluhan pencari jasa penulis online. Kita bisa buat portofolio dan jual diri di banyak website penyedia jasa kerja sampingan. Jangan ragu untuk promosi, jangan malas update profile pribadi. Semakin menarik data diri yang kita jual, semakin banyak klain yang membutuhkan jasa penulisan kita. Jangan langsung mikir dibayar berapa. Ketika tulisan kita semakin banyak dibutuhkan orang, karya yang akhirnya menaikkan sendiri harga jualnya.

3. Reviewer
Gunanya punya blog pribadi itu karya kita bisa dilihat dan dibaca orang secara terbuka. Beberapa klien yang memiliki produk tertentu, bisa langsung menilai tulisan kita dan menentukan apakah kita layak untuk diajak kerjasama untuk membuat review-nya. Jumlah pengunjung blog, kualitas tulisan dan keaktifan dalam membuat karya tentu sangat berpengaruh untuk para pemilik produk. Dari satu kali review yang kita tulis, lumayan lho bayarannya. Selain itu tidak jarang kita juga diberi product gratis sebagai hadiah. Seru kan?

4. Book writer
Sebagai penulis, pasti di dalam hidupnya pernah bermimpi untuk melahirkan sebuah karya yang bisa dikenal lebih banyak orang. Salah satunya dengan cara menulis buku atau penulis novel online. Tentang apapun. Bayangkan ketika kita menjadi seorang penulis, yang di awal hanya penulis lepas harian, kemudian karyanya banyak dilirik orang. Menelurkan karya yang juga mendatangkan banyak uang dari semua tulisannya. Nilai yang tak pernah dapat diukur dengan angka.

Bicara tentang menjadi seorang penulis buku/novel, itupun salah satu keinginan terbesar saya.


Saya mulai dari awal rajin ngeblog, mulai aktifkan google ads dan semangat melihat nominal rupiah yang didapat dari traffic jumlah pengunjung. Kemudian tidak bisa berhenti.

Beberapa kali saya diminta review, entah itu produk makanan, skincare, buku, jasa, layanan online, dan sebagainya. Dari awal mereka minta menulis saja itu sudah kebanggaan buat saya. Apalagi ketika di hari berikutnya ada pemberitahuan “Mba, sudah ditransfer ya uangnya”,  nah kalau ini kebahagiaan buat kantong saya.

Kekinian, saya pun mulai jadi penulis lepas sebuah website yang dibayar dari jumlah artikel yang saya buat. Saya sendiri dulu tidak pernah membayangkan tulisan saya selain dibaca orang ternyata juga bisa dihargai dengan nominal uang.
Sehari bisa menulis 4 artikel, bayarannya bisa cukup untuk beli skincare merk yang agak mahal, hehe
Apalagi kalau sudah bisa menulis puluhan artikel setiap bulan, wah, bisa-bisa sebentar lagi bisa pensiun dari perempuan kantoran, benar-benar jadi profesi yang menghasilkan.

Yuk, jangan ragu untuk menulis. Apapun. Dan ketika sudah mulai, jangan berhenti.

Berikut ini beberapa kutipaan inspirasional untuk terus semangat menulis dari para penulis panutan:

“Writing is not figure skating or skiing. Your mother will not make you a writer. My advice to any young person who wants to write is: leave home.” – Paul Theroux

“Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis.” –   – Imam Al-Ghazali

“Menulis adalah mencipta, dalam suatu penciptaan seseorang mengarahkan tidak hanya semua pengetahuan, daya, dan kemampuannya saja, tetapi ia sertakan seluruh jiwa dan nafas hidupnya.” – Stephen King

“Syarat untuk menjadi penulis ada tiga yaitu : Menulis, menulis dan menulis.” – Kuntowijoyo

“Mulailah dengan menuliskan hal-hal yang kau ketahui. Tulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri.” – J.K. Rowling

 “Temukan alasan mengapa Anda harus menulis; Lihatlah apakah dia telah mengakar dalam hatimu; Katakan pada dirimu bahwa Anda lebih baik mati daripada dilarang menuliskannya.” – Rainer Maria Rilke

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” – Pramoedya Ananta Toer

You Might Also Like

4 comments

  1. Caranya pasang google ads di website gimana Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daftar aja di google ads, nanti ada petunjuknya kak. Tinggal masukan url blog kita, nanti Google yang review blog kita diterima atau tidak ^^

      Hapus
  2. nulis itu juga impian dari kecil cuma ga didukung karena kurang menjanjikan :( tapi sekarang udah mulai nulis di platform berbayar emang belum seberapa tapi seneng pas liat artikel diterbitin. Semoga blognya juga bisa jadi berbayar kayak punya mba nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Kaak, saya juga pertama kali nge-blog 10 tahun lalu karena suka nulis aja. Agak tidak realistis kalau mau dapet uang dari nulis, tapi karena suka jadi gak bisa berhenti. Sekarang yang saya pikirkan andai udah ga ada, tulisannya bisa dibaca anak cucu hihi. Dapet uang dari tulisan lama2 anggap aja bonus, kalau jadi profesi yaa masih jauuh kayaknya ^^

      Hapus

Silahkan tinggalkan pesan di sini: