Bebek Mak Isa, Nasi Bebek Terenak di Dunia

Mei 27, 2020



Nasi bebek madura. Adalah jawaban saya ketika ditanya “Apa makanan favorite kamu?”
Jawaban yang sama, sampai kapanpun, gak pernah ganti. Iya, secinta itu sama nasi bebek.

Bukan sembarang nasi bebek, nasi bebek yang saya maksud adalah yang itu. Bebek goreng bumbu hitam madura dengan sambal pedas dan keunikan rasa surga duniawi. Dan bukan sembarang bumbu hitam, tapi harus bumbu hitam yang itu, yang sedapnya sampe merasuk ke jiwa. Macam nasi bebek Mak Isa.

Belum ada nasi bebek yang pernah saya makan yang lebih lezat selain nasi bebek Mak Isa. Sayangnya belum pernah ketemu lagi di daerah Depok

Ketika masih jadi mahasiswa gabut, pertama kali saya makan nasi bebek mak Isah yang ada di Cipinang, Jakarta Timur. Dengan seorang teman yang selalu ke mana-mana bareng (ciye teman). Malam-malam, muter-muter keliling Jakarta, kelaperan, eh ada warung nasi bebek buka, sekali coba, nambah 3x, seenak itu. Sampe meneteskan air mata saking enaknya. Mungkin begini rasanya makanan surgawi.

Bukan bercanda ketika pemilik kedai memasang tulisan “Nasi Bebek Titipan Ilahi” di kaca gerobaknya. Memang benar-benar rasa titipan Ilahi.

Namanya nasi bebek, memang harus beli bebek dengan nasinya, jadi gak bisa bebeknya doang. Eh tapi gak tahu sih kalau dibawa pulang. Ada beberapa pilihan ukuran bebek kecil, sedang, dan besar. Dengan nasi yang ditaburi bawang goreng, irisan timun, bebek siram kuah hitam. Sekali suap, mata seketika gak bisa kedip, wadaaaww asli enak banget. Sampai akhirnya di piring ke-tiga gak bisa bangun, pulang harus dipapah. Kekeyangan makanan surga :D



Tekstur bebek dengan serat yang padat, daging lembut ketika digigit, gurih, juicy, tidak berbau. Disiram sambal hitam kaya rempah khas madura, lumer di mulut, menyatu dengan daging yang empuk. Setiap gigitan daging terasa bumbunya sampe ke hati, dengan rasa pedas dan lezatnya bikin siapapun pengen nangis. Ya nangis pedes, ya nangis enak. Pedas tapi gak bisa berhenti nyuap.

Nasi bebek Mak Isa yang legendaris ini memang diakui para pecinta kuliner sebagai salah satu nasi bebek terenak. Saya pernah beberapa kali kulineran nasi bebek di beberapa lokasi dan di beberapa kota, memang belum ada yang bisa ngalahin kelezatannya. Ada sih satu gerobak nasi bebek yang teman saya sebut “Nasi bebek Kuburan”, yang letaknya ada di dekat STMT Trisakti, Cipinang, Jakarta Timur. Cuma lupa nama tempatnya apa, itu pedasnya juga level hard core.

Mungkin ada banyak sambal hitam bebek madura di mana-mana, tapi beda racikan rasanya juga beda. Dan racikan mak Isa adalah salah satu rasa terbaik. Gak heran ada banyak pelanggan yang bahkan antre dari jam setengah lima pagi.

Saking legendarisnya dan gak buka cabang, akhirnya banyak penjual kecil yang memborong nasi bebek mak Isa dan dijual lagi di beberapa warung tenda kecil. Seperti di area Klender, atau terminal Kampung Melayu. (Entah kalau sekarang masih ada atau tidak)

Kekinian saya dikabari teman ada beberapa online yang menjual sambal bebek Mak Isa. Belum pernah coba.


Kalau kalian penasaran dengan rasanya, coba datang langsung ke:
Jl. Bekasi Timur, No. 44, Cipinang, Jakarta Timur
Kekinian kedai ini buka jam 05.00 – 24.00
(Oh sekarang sudah berubah jam tayang, sepuluh tahun lalu sih buka jam1 siang sampai tengah malam)

Kalau kalian sudah datang ke tempat ini, kabari ya, saya rindu sambel bebek mak Isah dan kenikmatan rasanya, legend.

*Notes : all picture by Zomato


You Might Also Like

2 comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: