7 Juli 2019

Ajarkan Anak Untuk Kenal Hak-nya

https://gurukul.org/
"O, ibu posting video Oo boleh?"
"Boyeh..."
Baru deh ga apa2 posting

Iya doi emang bisa jadi gak ngerti masalah saya izin mau posting foto atau video dia ke sosial media. Gatau juga dia hasil korban ke-alay-an atau ke-ingin-pamer-an emaknya di sosmed.

Tapi saya dan suami sudah biasain dari dia kecil, terutama ketika dia udah bisa komunikasi. Apa-apa tuh izin dulu. Ya sebenernya biar dia kebiasaan aja. Hal-hal yang merupakan hak orang lain itu harus dihormati, ga bisa sembarangan

Dia udah ngerti kok, misal ada paket buat bapaknya. Dan si bapak ga ada, dia udah bilang
"Ibu oo mau ambocing paket. Boyeh?" (Ibu, O mau unboxing paket. Boleh?"
Kemudian kita video call deh bapaknya, izin dulu mau buka paketnya. Kalau boleh, dia buka. Kalau ternyata itu bukan punya kami berdua, bilang punya orang lain. Dia juga paham dan ga maksa pengen buka

Sama aja kayak ada tas, atau dompet atau benda apapun punya oranglain selain orangtuanya. Anak 2 tahun ini gak sesembarangan itu buka2. Karena dia tahu itu bukan haknya.

Jadi, selain ngajarin maaf, tolong, dan terima kasih. Ternyata ngajarin menghormati hak-hak orang lain selain dirinya juga penting lho

Share this

2 Responses to "Ajarkan Anak Untuk Kenal Hak-nya"

Silahkan tinggalkan pesan di sini: