6 Juli 2019

Sulit Membedakan Kiri dan Kanan, normalkah?


https://commons.wikimedia.org

Pernah punya teman yang susah bedakan kiri dan kanan? Atau jangan-jangan kamu sendiri yang begitu.

Iya, saya juga.

Dibilang kelainan, kelemahan, penyakit, kayaknya engga juga deh. Tapi memang saya sulit mengontrol otak untuk mengsinkronisasikan kondisi dan pikiran mana kiri mana kanan.

Gini deh, misalnya lagi naik kendaraan terus sopirnya nanya "Kiri apa kanan Mba?"
Saya bisa reflex bilang "Kiri" padahal maksudnya ke kanan. Atau sebaliknya

Atau Saya butuh waktu persekian detik untuk fokus, maksudnya ke arah kiri, atau ke arah kanan. Baru bisa jawab dengan benar

Bahkan nih, saya nyetir sendiri pun susah. Terutama kalo kondisi mundur. Maksud ke kiri dan muterin tangan ke kanan tuh butuh waktu mikir dulu. Dan seringnya salah.

Ada yang gini juga ga?

Hasil googling dan baca-baca artikel, ternyata banyak juga yang begini.

Menurut Penelitian menjelaskan bahwa orang yang tidak bisa membedakan antara kanan dan kiri mengalami proses yang kompleks. Ini karena banyak elemen yang mempengaruhi sosok ini sehingga saat membedakan kanan dan kiri ia jadi kesulitan. Elemen tersebut di antaranya kemampuan sensorik, pengolahan informasi visual, skill bahasa, dan ingatan.

Ini ternyata berkaitan dengan zaman dahulu. Dulu kala pria bertugas sebagai pemburu sedangkan perempuan sebagai pengumpul makanan. Pria lah yang bertugas mencari mangsa untuk dimakan, sedangkan perempuan di tempat tinggalnya mengasuh dan melakukan hal lain. Perempuan lebih multitasking sehingga tidak memiliki patokan di salah satu bagian tangan. Karena itulah membedakan kanan dan kiri cukup susah bagi mereka.

Hmm jadi gitu

Share this

0 Comment to "Sulit Membedakan Kiri dan Kanan, normalkah? "

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan di sini: