[Travel] Jalan-jalan di Singapore Mending Pake Singapore Tourist Pass, EZ-Link, atau Standard Ticket?

November 26, 2019


Buat yang jalan ke luar negeri buat traveling (yang artinya bayar apa-apa sendiri, gak dibayarin kantor karena bukan perjalanan dinas :D) kudu banget nge-check alat transportasi dan cara bayarnya di sana tuh pake apa. Apalagi yang budgetnya ngepas kayak saya

Singapore adalah negara dengan public transportation terbaik dan ramah wisatawan. Segala teknologinya sangat mempermudah turis yang bahkan gak pernah ke luar negeri.

Semua petunjuk jalan, arah, peta rute, harga, mesin pembelian tiket, terpampang jelas dan mudah.
Nah gimana dengan alat pembayaran?

Namanya juga negara ramah turis, di sini juga dipermudah banget dengan adanya tiga pilihan kartu wisatawan.
Ada Kartu Standar, EZlink, dan Singapore Touris pass. Apa bedanya?

1. Standard Ticket



Ini sama aja kayak kartu THB di KRL kita, kartu kereta sekali jalan. Cuma tinggal ke mesin pembelian tiket, pilih kartu standar dan tentukan arah perjalanan. Bayar sesuai harga tiket yang ditentukan. Mending bawa uang kecil ya, karena mesin otomatisnya gak akan kasih kembalian lebih dari 4 dollar. Jadi kalo kamu beli tiket harga 2 dollar, setidaknya pakai uang 5 dollar atau uang pas. Karena kalo pake uang 10 dollar, uangnya bakal dibalikin. Selesai transaksi, keluar deh deh tiketnya.

2. Ez-Link

Mirip e-money / flazz dan semacamnya di Indonesia. Kartu multi-trip yang tarifnya per-rute perjalanan. Harganya 10$ dengan saldo $5 bisa di-top-up juga. Kartu ini punya masa aktif sampe 5 tahun, jadi kalo tahun depan ke Singapore lagi masih bisa buat nge-tap.
Ezlink juga bisa dipake buat MRT, Bis dan merchan lain, ya mirip e-money deh

3. Singapore Tourist Pass
Ini kartu paling ramah wisatawan, kartu dengan saldo unlimited yang bisa kamu beli untuk masa aktif 1 hari, 2 hari, atau 3 hari. Dengan harga 10$ untuk 1 hari, 16$ untuk 2 hari dan 20$ untuk 3 hari.
Dengan kartu ini kamu ke mana aja, udah ga usah mikirin tarif tinggal tap and go doang. Selama itu naik MRT atau naik bis. Enggak ya kalo taksi, bayar sendiri hehe
Kartu ini paling murah kalo kalian emang mau banyak keliling Singapore dan muter2 naik transportasi umum. Dengan deposit 10$ yang nanti bisa diambil lagi pas pengembalian kartu.

Saya pakai Touris Pass karena emang udah niat mau turun naik MRT tanpa mikirin lagi biayanya. Karena perjalanan saya cuma sehari, jadi pilih yang cuma seharian aja, besoknya dibalikin ke loket penjualan sambil ambil deposit 10$-nya


Pengalaman pakai STP, sangat menyenangkan. Jadi gak mikirin lagi berapa harga tiket. Tapi kalian harus tahu pengembalian kartu yang buka dari pagi cuma ada di Changi. Kalo di loket stasiun lain biasanya buka siang, bahkan buka dari jam 12.

Kalo kalian mau balikin pagi, ya harus ke Changi. Kayak pengalaman saya, begitu mau pindah ke KL jam 11 pagi, saya harus ke Changi dulu untuk balikin STP dan ambil deposit SGD$20 untuk dua orang.

Baru deh balik lagi ke stasiun tujuan.

Karena STP ini aktif 24 jam dari sejak kita beli, jadi besok paginya kartu STP saya sudah gak bisa dipakai. Jadi ketika balikin kartu ke Changi, saya gunakan kartu sekali jalan alias standard ticket yang langsung dibeli saat mau naik kereta.

So far, recommended banget kok seharian jalan-jalan pakai STP.
Kalo kamu mau ke Singapore, tinggal menyesuaikan aja kira-kira lebih butuh kartu yang mana. Sesuai kebutuhan.

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: