Cari Uang Tambahan di Project.co.id, Wadah Untuk Para Freelancer

Februari 18, 2020


Punya rencana pensiun dari kerja kantoran, udah lama. Cuma belum terrealisasikan karena satu dua alasan. Sebagai seseorang yang doyan mikir, saya kayaknya emang kurang cocok jadi perempuan nganggur, duduk, diam, gak ngapa-ngapain. Karena saya bosenan, dan otaknya gampang tumpul kalau gak dipake

Alhasil, kalau ada kesempatan ini itu yang bisa dilakukan, sebisa mungkin sering saya lakukan. Tentu saja sesuai passion. Mulai dari jualan baju, makanan, sampe jualan pulsa, saya lakukan juga.

Selain berstatus sebagai istri, ibu, dan remah-remah granola dari sebuah perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia tentu saja saya tidak terlalu punya banyak waktu luang. Tapi di sela 24 jam waktu sehari semalam, ada aja kok dua tiga jam waktu senggang yang bisa saya sisipin untuk nonton drama korea atau baca buku perjuangan Gajah Mada sebagai patih Majapahit yang pernah dilengserkan jabatannya gara-gara perang Bubat yang membuat Prabu Siliwangi dan keluarga terbunuh di tempat.

Tapi, kok kayaknya kurang berfaedah ya kalau waktu luangnya cuma dihabiskan buat nonton oppa oppa tampan di drakor.id doang. Makanya saya hobby mencari ide untuk “hmm bikin apa lagi ya hari ini…”

Selain menabung dan memasak, saya juga punya kegemaran menulis. Nulis apa aja yang bikin otak saya bekerja. Lagi-lagi, memang pikiran saya tuh gampang lemot kalau gak dipake, makanya harus dimaksimalkan setiap harinya. Harus sering banyak mikir.

Searching searching di website.. voilaaaa… nemu beberapa web yang menyediakan freelance menulis online. Tring, ini dia yang saya butuhkan.

Daripada tulisan saya cuma numpuk di blog dan yang baca pun keluarga dan teman-teman dekat doang, kenapa tidak tulisan saya dibuat jadi uang. Ehe. Dasar perempuan mata duitan.

Dari bebapa web pendukung, saya akan membahas salah satu yang sudah beberapa kali memberi saya kesempatan menghasilkan uang jajan tambahan. Projects.co.id

Apa itu Project.co.id?

Ini merupakan sebuah platform “Project and Digital Product Marketplace” atau tempat transaksi project dan transaksi produk secara online

Di sini kita bisa melihat para worker yang menawarkan segala bentuk keahliannya. Dan para buyer/owner mencari ahli yang dibutuhkan. Sebagai worker kita bisa jual diri, sebagai owner kita bisa menawarkan pekerjaan / permintaan bantuan apapun. Sesuai kemampuan.

Projects.co.id bertindak sebagai “Mediator, Fasilitator dan Penjamin”  agar terjadi hubungan kerja yang saling menguntungkan antara owner dan worker.

Yup, ini adalah salah satu website para pencari kerja dan pencari jasa secara online. Bukan cuma jasa penulisan doang kok, ada banyak kategori yang bisa dicari di sana.

Mulai dari jasa pembuatan animasi, konsultasi keuangan, audio – video & photography, gaming, website maintenance, internet marketing & social media dan lain-lain.
Bisa di-check langsung ke TKP yes!

Kenapa Harus Project.co.id?

Selain akses yang luas dan mudah, di sini juga tercatat Track Record Semua Pihak baik owner/buyer. Jadi, no tipu tipu

Beberapa keunggulan lainnya:
  • Memiliki Tim Arbitrator untuk Menyelesaikan Sengketa yang Mungkin Terjadi
  • Jaminan Pekerjaan Selesai atau Uang Kembali
  • Jaminan Kualitas Produk Digital
  • Hemat Biaya
  • Pembayaran Instant
  • Dikelola oleh Tenaga Profesional
  • Keamanan Data Terjamin
  • Tim Support

Sebagai saya dengan background sedikit-sedikit punya ilmu creative content social media dan juga senang nulis gado-gado alias nulis apa aja yang penting dibayar. Saya sering nge-bid di kategori "Social media & internet marketing”, dan “Writing & translation”.

Sistem kerjanya juga gampang, yang penting bisa jual diri aja. Menjual keahlian khusus dan project-project apa aja yang sudah pernah dikerjakan. Modal tulis ina inu, akhirnya beberapa project ada aja yang nyangkut.

Nilainya lumayan kok, mulai dari dibayar Rp 50.000 per-artikel. Itu cukup besar kalo sekalinya dapet bid butuh 20-30 artikel. Bahkan ada yang butuh 70 artikel, coba dikalikan saja hasilnya.
Artikel-pun gak pernah minta panjang, biasanya cukup 500 kata. Standar. Dan sebagai yang hobby menulis, dan ketika ide lagi banyak, saya bisa menulis lebih dari 5 artikel dalam waktu satu hari dan punya banyak waktu senggang. Itu kan cincayyy buat jajan.

Oke kembali ke project.co.id

Di sini kita memang harus bisa menjual diri lewat data pribadi yang kita pajang di profile. Supaya owner pencari freelancer juga tertarik dengan kemampuan kita.

Kalo ada project yang kira-kira “Nah, bisa nih” langsung bid aja, tawar menawar harga dan kerjaan detail dengan pencari jasa di kolom conversation. Kalau udah deal, dan owner sudah membayar jasa, kita tinggal langsung kerjain kerjaan, entah mereka minta posting di blog atau upload artikel ke owner. Selesai deh.


Dari web ini, kalau kita punya keahlian khusus bisa lho buat sampingan. Atau bahkan bisa jadi mata pencarian pokok kalau memang diseriuskan.

Saya aja nyambi, bisa kok. Nyambi jadi istri yang sesekali harus nge-check handuk suami udah ditaro ke jemuran apa belum, nyambi jadi ibu yang harus mandiin dan nyuapin sarapan anak 3 tahun, nyambi memastikan kerjaan kantor tidak ada yang terlambat atau keteteran.
Apalagi buat para ibu yang punya banyak waktu luang di rumah.

Lumayan lho buat jajan anak hihihi


You Might Also Like

3 comments

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Boleh di coba nih mba apalagi buat mahasiswa seperti saya :) makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cusss cobain, banyak lowongan lhoo hehe, bisa buat jajan hihihi

      Hapus

Silahkan tinggalkan pesan di sini: