Skincare Routine untuk Kulit Normal, Bye bye Wajah Kusam

 



Selain masa depan, kulit juga harus banget cerah, terutama di area wajah. Bukan demi untuk menggaet gebetan atau tebar pesona biar mantan ngajak balikan, lebih dari itu wajah cerah juga menstimulus otak untuk jadi lebih semangat dan ceria.

Bicara masalah kulit cerah, artinya bukan kudu putih ya. Tone warna kulit gelap juga bakal enak dipandang kalau terlihat cerah, gak kusam dekil tak terrawat.

Manusia normal, khususnya perempuan, merawat badan atau wajah itu selain untuk membahagiakan diri sendiri dan menyenangkan pasangan, juga menunjukkan bentuk rasa syukur pada pencipta kalau kita tuh sayang banget sama diri sendiri, dan semua anugerah yang udah Tuhan kasih.

Selain “pake air wudhu”, rahasia wajah cerah tuh beda-beda tiap individu. Tergantung merk skincare dan besar kecilnya budget perawatan. Nah saya, termasuk golongan orang-orang yang rajin perawatan dengan budget menengah ke bawah. Ya ga apa-apalah, yang penting pas dilihat suami, gak kering kerontang banget nih wajah.

Jenis kulit saya itu dulu normal to dry, seiring bertambah usia justru lebih cenderung ke normal, karena jarang yang kering banget sampe bisa jemur daleman. Cuma kalau emang pake skincare yang agak gak cocok, biasanya lebih ke kusam, pucat, atau ada sedikit beruntusan. Kurang terhidrasi dengan baik.

So, saya selalu nyobain skincare yang punya kandungan hydrating dan moisturizing, dan seiring usia yang sudah masuk early 30-an, wajib juga pake produk anti aging, untuk nyamarin kerutan.

Sebenarnya ada banyak banget kandungan yang harus dipake sama si mpunya kulit kering, mulai dari glycerin, hyaluronic acid, Cetyl Alcohol, ceramides, hingga lactic acid, yang konon bakal bantu menutrisi kulit yang kering dan kusam jadi glowing.

Tapi karena saya gak paham kandungan skincare, saya percayakan saja pada pembuat skincare terpercaya yang sudah meracik semua bahan-bahannya dengan sempurna dan mempersembahkan untuk kita para awam yang gak pengen kulit kering dan kusam.

Beberapa produk yang saya percaya bantu banget bikin kulit kering jadi lembab dan gak gelap, beberapa di antaranya adalah deretan skincare ini. Rutin saya pakai pagi dan malam, meski di rumah aja gak ke mana-mana, perawatan wajah dan badan buat saya agak sedikit wajib.

Berikut skincare routine yang saya pakai dan terbukti ampuh berantas kulit kering dan kusam.



First Cleanser

Saya salah satu penganut paham double cleansing sebelum memulai skincare rutin. Terutama kalau malam sebelum tidur. First cleanser saya biasanya micellar water, apapun. Kadang Garnier, Ponds, atau Bioderma. Harganya bervariasi, mulai dari Rp25.000 sampai Rp255.000-an, ngikutin budget yang lagi ada aja.

Face Wash

Beberapa bulan ini saya baru mencoba, dan rasanya gak akan ganti lagi ke lain hati setelah kenalan dengan salah satu face wash terbaik di antara yang pernah saya pakai sebagai double cleanser. Tadaaa… This is it Cetaphil Gentle Skin Cleanser”

Pembersih wajah bebas sabun dengan pH-balanced ini salah satu best cleanser yang pernah saya pakai. Begitu diaplikasikan ke wajah tuh rasanya lembuutttt banget, gak bikin kering, rasanya si doi bisa ngebersihin wajah lebih detail, dan saya sangat suka karena tanpa sabun. Setelah di-apply ke wajah, digosok lembut selama satu menit, kemudian dibilas air rasanya suegerrrr banget. Gak bikin kulit kering justru bikin lembab. Selain untuk kulit kering, Cetaphil diklaim bisa untuk semua jenis kulit, bahkan bisa untuk kulit bayi.

Saking cintanya saya sama Cetaphil, sampai punya berbagai macam ukuran, buat di rumah, di tas, atau buat traveling. Secinta itu.

Harganya bervariasi

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 59ml Rp55.000 - Rp65.000

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 125ml Rp99.000 - Rp174.000

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250ml Rp149.000 - Rp205.000

Cetaphil Gentle Skin Cleanser 500ml Rp238.000

Tergantung lagi diskon atau normal hehehe

Toner

Next step, setelah tap tap wajah pakai handuk khusus wajah atau tissue sehabis cuci muka, langsung tuangkan toner ke kapas, dan diaplikasikan ke wajah dengan lembut. Untuk toner, saya punya dua toner kecintaan yang paling cocok, biasanya ganti-gantian yang mana aja oke.

Ada Hada Labo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid Lotion atau yang lagi sering dipake sekarang adalah The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner. Keliatan dong dari nama mereka berdua yang terpampang nyata, emang ampuh untuk menghidrasi kulit kering.

Dua-duanya enak banget dipake, meski punya kandungan yang beda. Kalau Body Shop lebih cair, sementara Hadalabo sedikit thick. Tapi di wajah saya, keduanya sangat bisa menghidrasi wajah dengan sempurna, gak lengket, gak bikin berminyak, sangat lembab, dan bikin wajah lebih kenyal. Keduanya juga punya kandungan untuk mencerahkan, meski gak seampuh serum karena tugasnya bukan itu.

Saya jatuh cinta dengan kedua toner ini, dan selalu kembali ke mereka kalau selesai coba product lain beberapa minggu untuk review. Belum ada yang ngalahin hydrating toner-nya.

Harganya cukup affordable dengan kandungan yang banyak dan bisa super awet sampai tiga bulan.

Hada Labo Gokujyun Premium Hyaluronic Acid Lotion 170ml Rp200.000 – Rp250.000

The Body Shop Vitamin E Hydrating Toner 250 ml Rp170.000 – Rp 185.000


Serum

Bisa dibilang saya jarang setia sama satu serum, tergantung kondisi wajah (dan budget) lagi butuh yang mana. Kekinian, karena emang lagi concern banget dengan product anti aging, saya lagi suka pakai serum dari Envy green. Beberapa product envy green tuh gak pernah salah, kandungan alaminya seolah emang dibuat untuk saya. Sebagus itu. Mulai dari krim, sunscreen, face wash, toner, sampai serum. Semuanya cocok. Wanginya enak, harganya juga gak mahal-mahal banget, bahkan masih oke di kantong mahasiswa.

Selain sunscreen dan night creamnya, saya juga sedang suka banget pakai Precious Anti Aging Serum with Apple Stemcell-nya Envy green. Klaimnya serum ini memang dikhususkan untuk usia 25 tahun ke atas karena punya kandungan anti aging untuk menyamarkan garis halus atau kerutan. Ke wajah juga bisa bikin halus, kenyal, dan lebih cerah.

Setelah pakai toner, saya aplikasikan serum ini ke wajah, dipuk-puk biar meresap, wangi aplenya calmingggg banget, seger, gak bikin lengket, cepat banget meresap, dan begitu megang pipi tuh kayak kapas halus banget. Seenak itu pakai serum ini, saya belum sampai satu bulan pakai serum ini, tapi belum ada niat buat pindah ke lain serum.

Kekinian saya juga kerap menambahkan eye serum untuk bikin mata lebih segar, dan menyamarkan lingkaran hitam bawah mata alias mata panda. Lagi, saya percayakan pakai produk Eye Bag & Dark Circle Reducer dari Envygreen. Lembut banget saat diaplikasikan ke area mata, gampang meresap, dan emang beneran bikin area mata jadi lebih sehat.

Harganya, ramah banget di kantong.

Precious Anti Aging Serum with Apple Stemcell ukuran 5gr Rp38.000, sementara untuk ukuran 20gr harganya Rp140.000

Dan untuk eye bag & dark circle reducer harganya Rp95.000 untuk 10 gram



Moisturizer

Sudah hampir dua tahunan ini saya masih betah pakai moisturizer dari Envy green dan Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera yang segede gaban. Tugasnya emang buat kulit moist, lembab, gak kering, dan halus. Dua produk ini saya hampir gak pernah ganti. Udah pas banget di hati.

Related Post Review : Produk Envy Green Sebagus itu

Soft Moisturizing Cream dari Envy Green tuh salah satu produk terbaik mereka sih, selain sun screen-nya. Wanginya enaakk banget, cepat meresap, gak lengket di kulit wajah atau tangan, super melembabkan dan bikin kenyal. Love banget sama moisturizer dari envy green.

Kalau Aloe Vera Natrep biasanya saya pakai setelah maskeran, dioles banyak-banyak ke wajah tanpa perasaan. Adeeem banget kayak senyum gebetan. Doi punya banyak manfaat, bukan cuma buat wajah, bisa buat rambut, lotion, sampe bulu mata. Cuma seringnya emang saya jadikan moisturizer.

Efeknya buat saya sih emang jadi lembab aja gak bikin terlalu gimana-gimana, masalah mencerahkan atau bikin halus kayaknya emang bukan tugas dia atau gak works aja di saya.

Harga?

Soft Moisturizing Cream Envy Green 5gr Rp24.000

Soft Moisturizing Cream Envy Green 25gr Rp69.000

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 300ml Rp 50.000 – Rp100.000 (ini belinya tergantung di toko mana, dapet diskon atau enggak. Hati-hati juga banyak produk palsunya)



Night Cream / Day Cream (Sun Screen)

Step terkahir dari rangkaian per-skincare-an duniawi yang saya pakai adalah krim siang buat pagi hari, atau night cream buat malam sebelum tidur. Dua-duanya wajib, no skip.

Day cream yang saya pakai ada dua product, dari white lab atau Envy green. Dua-duanya cocok banget di kulit, wanginya enak, keduanya punya tekstur beda, Envy Green (sun screen) agak lebih encer dan thick, kalau Whitelab lebih creamy banget. Dua-duanya gampang banget meresap dan di-apply ke wajah.

Whitelab lebih nempel di wajah, sementara sunscreen Envy Green seperti khas krim untuk tabir surya pada umumnya yang lebih terlihat glow, tapi beneran meresap

Kalau sedang di rumah aja biasanya saya cukup pakai Whitelab, krim siang dengan kandungan niacinamide, collagen dan punya SPF 20 PA++ yang cukup buat dipakai di dalam rumah aja.

Related Post Whitelab, Skincare yang Mengandung Niacinamide dan Collagen Pencerah Wajah

Sementara kalau butuh ke luar rumah saya aplikasikan sun screen Envy Green, yang memproteksi wajah dari sinar matahari lebih baik. Karena mengandung SPF lebih tinggi yang mampu menghalau  paparan sinar UV-A dan UV-B.

Udah deh jalan, no bedak-bedak club.

Malam hari, menjelang tidur saya tutup seluruh wajah dengan Night Extra Whitening dari Envy Green (lagi). Wanginya enak, teksturnya gak lengket, gak cair, gak creamy, light banget di-apply ke wajah. Langsung menyerap sempurna.

Biasanya saya juga saya selang seling dengan  Bounce Glow Overnight Mask untuk bikin kulit lebih sehat dan lembut. Masih dari envygreen, teksturnya lebih cair dari night extra whitening. Tapi lucu karena ada spoon kecil untuk mengambil produknya lebih mudah. Apply ke seluruh area wajah, biarkan meresap, dan siap untuk bobo cantik deh.

Harganya yang pasti gak bikin kantong jebol kok

Night Extra Whitening Envy Green 5gr Rp52.000

Night Extra Whitening Envy Green 20gr Rp143.000

Ultimate Sun Protection Envy Green 5gr Rp46.000

Ultimate Sun Protection Envy Green 20gr Rp130.000

Brightening day cream White Lab 20gr Rp59.000

Bounce Glow Overnight Mask 25gr Rp79.000

Sekali lagi skincare itu cocok-cocokan ya, gak harus yang mahal atau yang murah. Selain cocok di wajah, ya harus cocok di kantong juga. Jangan sampe wajah glowing, ginjal ilang.

 

0 Comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: