Movie Review : The Queen’s Gambit (2020), Salah Satu Miniseries Terbaik Netflix

Image from Netflix

Film pertama yang saya review di tahun 2021, the most-watched scripted miniseries on Netflix : The Queen’s Gambit. Emang bener-bener must watch Guys, terutama buat kamu yang hobi atau suka sama permainan catur.

Catur.

Adalah ‘olahraga’ ter-boring yang saya tahu. Karena saya gak ngerti. Pernah sih dulu bapak saya ngajarin tentang permainan catur, tapi yaudah. Emang rasanya permainan ini khusus dibuat untuk kaum bapak-bapak yang lagi ronda, atau pria yang main ke rumah cewek bawa martabak, dan dengan sotoynya basa basi ngajak ‘calon’ mertua main, pura-pura serius, cuma buat ngambil hati si bapak biar diakui calon mantu.

Keringetan enggak, keren enggak, berisik enggak, diem aja gitu, topang dagu, mikir mau ngelangkahin kuda atau benteng ke mana.

Boring.

Terlebih ketika catur dibuat film. Terus kita mau nontonin orang main catur selama 7 episode gitu?

Sudah, sudah, makanya jangan suka komen aneh sebelum tahu apa-apa, kayak kebiasaan netizen aja. Coba tonton dulu aja 1 episode, lah kok nagih.

The Queen’s Gambit mengubah pandangan saya tentang catur yang garing. Bukan berarti kemudian ngedadak saya jadi suka main catur sih, tapi lebih ke “gokil ya, film tentang main catur doang bisa SEKEREN ini”. Jauh dari kata ngebosenin.

Yup, saya sampai stop nonton movie berikutnya sebelum reda dari kesukaan saya pada film ini. Sebagus itu. Pantes aja para kritikus film memberi pujian pada salah satu miniseries Netflix yang tayang Oktober 2020 lalu ini. Termasuk kecintaan mereka pada acting jenius tokoh utama Elizabeth Harmon, yang diperankan Anya Taylor-Joy.

Gak cuma kritikus film yang mengomentari dari segala lini, bahkan film ini juga mendapat sambutan positif dari komunitas catur dunia. Dari film ini konon meningkatkan minat publik pada permainan adu pion tersebut. Mungkin saya salah satunya.

Buat yang belum nonton, saya bakal spoiler sedikit, yang gak suka bocoran mending gak usah baca. Tapi menurut saya sih, tahu atau gak tahu jalan ceritanya film ini tetap sangat sangat keren.

Anyway, karena kita sama-sama tahu kalau Netflix gak pernah ngizinin penonton buat screen capture, so, saya foto aja apa yang saya tonton untuk gambar pendukung. Mudah-mudahan gak kena copyright atau ke-detect pembajakan.

Sinopsis singkatnya menceritakan tentang gadis yatim piatu jenius, Beth Harmon, yang dari kecil tergila-gila dengan permaian catur. Perjalanan hidupnya membawa ia jadi juara wanita pertama yang dinobatkan sebagai grandmaster catur dunia. Beneran Jenius.

Gimana gak jenius, Beth kecil usia 9 tahun bisa langsung tahu cara bermain catur hanya dengan sekali liat ketika doi gak sengaja mergokin penjaga panti asuhannya main catur sendirian di basement.

Tahu kalau Beth berminat dengan permainan catur, Mr. Shaibel, sang penjaga gedung pun mengajari Beth. Jadi setiap hari, diam-diam Beth dan Mr. Shaibel main berdua di rubanah, malah lebih sering bolos kelas gara-gara main catur.

the.queensgambitnetflix


Tiga kali diajarin, si Beth udah bisa ngalahin ‘gurunya’ sendiri. Sampai-sampai Pak tua penjaga sekolah bingung, nih anak pinter amat. Gak yakin sama kemampuannya, Mr. Shaibel pun ngundang salah satu guru catur sekolah yang juga teman komunitasnya. Dan, skakmat. Beth berhasil melawan mereka berdua sekaligus. Gak cuma mereka berdua, Beth kecil pun diadu sama 10 anak sekolah khusus catur tingkat SMA. Dan semuanya kalah. Padahal baru beberapa hari belajar. Merinding.

Singkat cerita, Beth diadopsi suami istri Mr. & Mrs. Wheatley, yang hidupnya ngaco abis. Hubungannya gak harmonis, yang berujung pak suami ninggalin istrinya dengan alasan ditahan di perbatasan dan gak bisa pulang. Padahal mah bilang aja kalau mau cerai ya, ribet amat.

Mrs. Wheatley si pecandu minuman beralkohol pun bingung, uang gak punya, kerjaan enggak ada, terus pake ngadopsi anak lagi. Mau dibiayain pake apa. Dia punya alasan untuk mengembalikan Beth ke panti asuhan. Tapi Beth punya ide kalau dia mau kerja sampingan aja buat cari uang.

Sebelum Beth benar-benar kerja sampingan, doi baca pengumuman di majalah kalau bakal ada turnamen catur yang berhadiah 100 dolar. Ohiya film ini berlatar di tahun 1950-an, so, uang segitu mah gede banget di masa itu.



Tentu saja Beth tertarik buat ikutan, tapi sayangnya doi harus bayar 5 dolar buat pendaftaran, dan dia gak punya uang, emaknya apa lagi. Terharu banget ketika Beth kirim surat ke Mr. Shaibel buat minjem uang 5 dolar, nanti kalau dia menang uangnya akan dikembalikan. Apalagi saat Beth dapet balasan surat pak penjaga gedung pantinya, dan dikirimin uang. Ikut senang.

Dari turnamen pertama hasil minjem itulah, nama Beth Harmon langsung mencuat. Tak terkalahkan. Mulai dari juara antar kota, se-Kentucky. Sampai kemudian mulai naik ke pertandingan-pertandingan berikutnya, di luar negeri.


Emaknya, Mrs. Whitley, yang asalnya mikir kalau ketertarikan Beth sama catur tuh gak jelas, justru jadi orang yang paling mendukung Beth. Merangkap jadi manager dan bendahara, doi nyari setiap turnamen di dalam dan luar negeri buat anaknya ikutan. Ngatur jadwal keberangkatan, booking hotel, ngitung budget, bohongin pihak sekolah kalau anaknya sakit meriang padahal ikut pertandingan. Meski ya emang tujuannya buat dapetin uang, tapi itulah jalan Beth yang akhirnya melangkahkan kuda caturnya sampai ke meja terakhir, jadi Grandmaster catur dunia.


Ada drama-dramanya, tapi sama sekali gak lebay. Ngalir gitu aja, perasaannya juga gak dilebih-lebihkan. Itu kenapa saya lebih suka drama Hollywood dibanding asia.

Baca Juga Review Becoming Jane, Kisah Cinta Tragis Penulis Jane Austen

Dan The Queen’s Gambit setingkat lebih gak lebay dari ke-gak-lebayan-an drama khas negara barat sana.

Justru sangat menyentuh ketika perasaan itu tidak diekpresikan berlebihan. Misalnya ketika Beth keingetan ibunya yang biasa nemenin lomba, gak nangis berdarah-darah, tapi saat ia tidur meluk baju Mrs. Whitley sambil merasakan kehangatannya, tuh kerasa banget sedihnya.

Apalagi saat Beth dengar kabar Mr. Shaible meninggal, asalnya doi biasa aja, kayak “Oh dia meninggal”. Beth santai datang ke pemakanan dan ‘iseng’ ngunjungin lagi panti asuhannya.

Om Scott Frank dan Allan Scott tuh emang kejam banget bikin cerita, bahkan gak pernah gitu berbaik hati memperlihatkan lagi kedekatan Beth sama penjaga sekolahnya setelah dia sukses. Padahal kan doi yang paling berjasa.

Tapi di ending, ketika Beth masuk lagi ke rubanah, tempat dia kecil pertama kali main catur sama Mr. Shaibel, Beth melihat dindingnya penuh tempelan artikel dari majalah dan koran yang semuanya tentang dia. Si jenius Beth Harmon yang mendunia. Termasuk surat ketika Beth minjem uang 5 dolar dan juga foto mereka berdua.





Cara Beth Harmon nangis mengekspresikan kesedihan yang ditahannya ngiris banget hati penonton. Temannya, Jolene, pake nambah-nambahin kata-kata “Kamu menahan sedihmu selama ini?" kayak gini lagi, kan nambah nyesek :(

Beth memang sempat tersandung problem ketergantungan obat penenang sama alkohol. Kalah dari grandmaster karena malamnya abis mabuk. Karir caturnya juga sempat acak-acakan, bahkan gak ikut turnamen karena kondisinya kacau balau. Hidupnya gak jelas.

Dan justru sadar setelah Mr. Shaible meninggal, semangatnya bangkit lagi, rasa sayangnya sama pelatih masa kecilnya yang buat dia pengen ngebuktiin bahwa pasti Mr. Shaible bangga kalau tahu dia bisa jadi juara dunia.

Ih kereennnn pesan-pesan tersirat yang gak perlu diomongin kayak gitu.

Pecatur yang jenius, dingin, arogan, egois, cuek, dan doi ternyata punya hati juga, hiks.

Perasaan cinta-cintaannya pun sama sekali gak lebay. Tapi sangat terasa ketika dia ketemu lagi dengan cinta pertamanya, Townes, di pertandingan terakhir di detik-detik doi jadi grandmaster. Kerasa banget aja gitu gemes dan happy-nya.

Saya mendadak jadi fans dadakannya Anya Taylor-Joy. Sejatuh cinta itu sama karakter Elizabeth Harmon.

the.queensgambitnetflix

the.queensgambitnetflix

Joy, kamu mampu menghidupkan karakter Beth Harmon sekeren itu. Dapet banget ekspresinya, gesture-nya, cara bicaranya, matanya, apalagi gerak tangannya yang khas nopang dagu pas lagi liat lawan mainnya kalau lagi main catur. 

Saya juga suka banget lihat Isla Johnston, Beth kecil, yang men-delivered sosok dingin Beth hampir sesempurna Anya Taylor-Joy. Aahh pokoknya suka.

IslaJohnstoninstagram

Kalo kata Kevin Curry "The level of awesomeness of their performance". Perfect.

Terakhir, saya cuma mau bilang kalau film ini sempurna. Sangat sempurna. Meski masih ada cerita yang belum selesai kayak bapaknya Beth yang gak jelas, tapi yaudahlah, ketutup sama keseluruhan story super keren dan acting para pemainnya.

Buat kalian yang hobi main catur sekaligus suka nonton film, coba deh nonton The Queen’s Gambit. Pasti makin sayang sama caturnya.

Saya aja yang gak suka catur, mendadak langsung SMS bapak, “Pak, ntar kita main catur yuk”

6 Comments

  1. Otw download aku belum nonton soalnya hehe

    BalasHapus
  2. Aku pengen nonton kayaknya seru banget ya. Apalagi ada thomas sangster :D
    Bakal nyaman banget dah pasti nontn ini
    Makasih ya kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton Kaak, seru kok, gak ngebosenin, gak ada lebay2nya. Asyik buat ditonton setiap episode.
      Ho'oh si Thomas 'Benny' Sangster, chess player yang ke mana-mana bawa pisau kayak koboy, kocaakk :D :D

      Hapus
  3. Aku inget banget scene saat ibunya Beth meninggal. Wah itu terpuruk banget sih harusnya. Apalagi saat menelpon Mr. Whitley, dia sama sekali nggak mau nengok atau nyusulin. Uh waktu nonton tuh kesel. Berarti mereka berhasil menyampaikannya.

    Sejujurnya aku pun baru sampai scene saat ada temannya Beth yang datang ke rumah lalu menginap semalam itu... dan aku lupa siapa namanya hihi. Karena baca ini aku malah tertarik ngelanjutin hahaha terimakasih ya!😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagian sedih aku justru pas Beth nangis liat foto kecil sama Mr. Shaibel, kucengeeng hahaha

      Emang sempat agak boring dikit mendekati ending, tapi di episode paling akhir seru lagi. Ada tegangnya, happy-nya,semangatnya.

      Apalagi pas temen2 Beth telpon bantuin pas mau ngelawan grandmaster. Kayak ngebuktiin gitu orang US juga solid, gak egois. Karena di scene sebelumnya sempat dibilangin kenapa orang Rusia tuh ga pernah kalah main catur, karena mereka kompak saling bantu, sementara orang Amerika mah sendiri2.

      Nah di ending mereka hapus stigma itu, saling bantu buat dukung Beth hihi, seruuu pokoknya.

      Hapus

Silahkan tinggalkan pesan di sini: