16 September 2019

[Movie] REVIEW : Becoming Jane, Kisah Cinta Tragis Penulis Jane Austen


Film : Becoming Jane
Genre : Drama, Romance
Sutradara : Julian Jarrold
Penulis : Sarah Williams, Kevin Hood
Pemain :Anne Hathaway (Jane Austen), James McAvoy (Tom Lefroy), Julie Walters (Mrs. Austen), Laurence Fox (Mr. Wisley), Maggie Smith (Lady Gresham) dan lain-lain

Setelah review novel Pride & Prejudice, kali ini tulisan saya akan membahas film tentang kisah nyata penulisnya.

Yup, Becoming Jane adalah film yang menceritakan sepenggal cerita kehidupan sang penulis Pride and Prejudice, Jane Austen.

Cinta dan keluarga? Mana yang harus dipilih? Inilah yang selalu jadi cerita besar tulisan-tulisan Jane. Penulis romance yang hidup di abad ke-18.

Jane Austen, lahir di tahun 1775 sebagai anak pendeta yang mengalami kesulitan finansial. Hobinya sebagai penulis, membuat dia mempunyai pemikiran yang luas, pemikir, keras kepala dan selalu melakukan apapun yang ia mau. Hidupnya  yang serba pas-pasan membuat ibunya berharap Jane menikah dengan Mr. Wisley, keponakan Lady Gresham, wanita kaya raya yang akan mewariskan seluruh hartanya pada Mr. Wisley.


Dari awal Mr. Wisley sudah tertarik pada Jane, bahkan Lady Gresham datang langsung untuk melamar Jane. Tapi ternyata harta saja tidak membuat Jane goyah, dia hanya ingin menikah karena cinta.

Di abad itu, Jane bisa disebut pelopor wanita 'pemberontak'. Berani melawan kodratnya sebagai perempuan yang pada zaman itu harus tunduk pada keinginan orang tua. Zaman ketika wanita menjadi penulis dianggap aib. Jane berani untuk bersikap berbeda.

Melihat sikap Jane yang menolak pinangan pria sekaya Mr. Wisley, membuat hati ibunya dongkol.

Hingga akhirnya Jane bertemu Tom Lefroy, mahasiswa miskin dan nakal. Sifat arogan dan kurang sopan santun justru membuat Jane penasaran. Di pertemuan pertamanya Tom menghina tulisan Jane di saat semua orang mengaguminya. Jane sakit hati.

Pertemuan berikutnya terus berlanjut, hingga akhirnya Jane lebih mengenal sifat dan karakter asli Tom Lefroy. Kemudian mereka berdua jatuh cinta.




Kisah cinta mereka langsung mendapat ujian. Ketika Tom membawa Jane ke rumah pamannya (Ian Richardson) yang menjadi hakim di kota, pamannya tak menyetujui hubungan mereka. Mereka pun berpisah

Beberapa saat kemudian, terdengar kabar bahwa Tom sudah bertunangan dengan seorang gadis pilihan pamannya. Sementara Jane kembali dijodohkan dengan Wisley.

Di tengah kepedihan dan luka hati mereka berdua, Tom mengajak Jane untuk kawin lari. Mereka berdua pun akhirnya kabur untuk menikah di London.

Di tengah jalan, Jane tanpa sengaja melihat surat di dalam dompet Tom. Surat yang menjelaskan bahwa Tom selama ini harus menjadi tulang punggung keluarga. Seluruh keluarganya bergantung pada uang kiriman Tom. Jane merasa pedih.

Jane dihadapkan pada situasi yang begitu dilematis. Apakah dia akan tetap kawin lari dengan Tom? Jika dia tetap kawin lari bagaimana dengan nasib keuangan keluarga Tom yang seluruhnya bergantung padanya?

Akhirnya Jane membuat keputusan sulit dan menyedihkan. Ia meninggalkan Tom dan membatalkan kawin larinya.

Usaha Tom untuk meyakinkan Jane tidak berhasil. Jane tetap bersikukuh pada pendiriannya. Baginya pernikahan mereka hanya akan menghancurkan keluarga Tom yang sepenuhnya bergantung padanya. Akhirnya mereka berdua pun berpisah

Dua puluh tahun kemudian, yang juga menjadi ending film ini, mereka berdua kembali bertemu. Kali ini Jane sudah menjadi penulis novel terkenal. Sedangkan Tom sudah menjadi hakim dan memiliki seorang putri, yang diberi nama 'Jane'.

Jane Austen sampai akhir hayatnya tetap tidak menikah. Ia meninggal tahun 1817 pada usia 42 tahun

Akting Anne Hathaway dan James McAvoy sukses membuat kita jatuh cinta dan pedih secara bersamaan. Pakaian-pakaian era abad 18, dan latar belakang pedesaan Inggris kental sekali di film ini

Untuk pecinta drama romantis klasik, terutama penggemar tulisan Jane Austin. Wajib banget nonton film ini. Walau akhir cerita menyedihkan, tapi ini adalah cerita asli kehidupan penulis Jane Austen. Yuk nonton!

Share this

0 Comment to "[Movie] REVIEW : Becoming Jane, Kisah Cinta Tragis Penulis Jane Austen"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan di sini: