[Travel] Naik Kereta Manggarai - Bandara Soekarno Hatta

Desember 08, 2019



Seneng deh public transportation di Indonesia khususnya Jakarta sekarang udah banyak pilihan yang nyaman, aman, dan gak terlalu mahal.

Termasuk transportasi ke Bandara Soekarno Hatta

Yup, untuk siapapun yang sering bepergian naik pesawat (dengan budget hemat) tentu aja bukan cuma sekadar mikirin tiket pesawat murah, tapi juga ongkos dan alat transportasi ke bandara dari rumah.

Bawa mobil pribadi, minta anterin pacar (kalo punya), naik bis, naik taksi online, taksi konvensional, dan sekarang ada satu pilihan lagi, naik kereta.

Yeaayy...

Kereta bandara sudah beroperasi dengan sempurna, meski rutenya belum banyak. Salah satu rute yang saya mau share adalah rute dari Manggarai.

Pembelian Tiket

Ada dua tipe pembelian tiket kereta bandara, online dan offline.
Online bisa dari web resmi railink atau bisa juga dari situs penjualan tiket online semacam traveloka.

Kalau offline ya tinggal datang ke stasiun dan beli langsung di tempat penjualan tiket.

Karena kalau beli online saat itu dapet potongan, jadi saya beli sehari sebelumnya lewat https://www.railink.co.id/ dari harga yang seharusnya Rp 70.000 bisa dapet Rp 50.000 aja
Pembayarannya via mbanking, dan dapat e-ticket yang dikirim ke email.


Sampai di stasiun, tinggal masukin kode booking dan print out deh tiketnya



Beli tiket online bisa dilakukan maksimal 2 jam sebelum keberangakatan ya.

Kita juga harus memperkirakan waktu flight pesawat minimal dua jam sudah ada di bandara.

Jadi ketika pesawat saya terbang jam 9 malam, setidaknya saya harus sudah di bandara jam 7. Jadi saya tarik mundur perjalanan lebih awal, jam 5 sore dari Manggarai, kira-kira jam 18.30 sudah sampe deh di Bandara Soetta.

Naik Kereta Bandara

Sebelumnya saya pakai grab dari rumah ke Stasiun Depok untuk naik KRL ke arah Manggarai. Cuma setengah jam-an doang kok

Sampai di Manggarai, pindah ke peron 9 dan naik eskalator atau lift ke lantai 1. Di sana ada tempat penjualan tiket, sekaligus tempat boarding dan check-in.






Tempatnya bersih banget, cukup luas, ada mushola, toilet, sampai tempat charging gratis.

Kalo udah masuk stasiun kereta bandara tapi mau beli jajan dulu juga boleh kok, ada Alfamart di bawah stasiun, tapi emang harus turun dan keluar (tap out) dulu dari peron KRL, gak harus bayar lagi kok, tunjukin aja tiket kereta Bandara ke abang penjaga pintu check-in KRL.

Boarding beberapa menit sebelum kereta berangkat, lewati proses pengecheckan tiket. Bisa milih duduk di mana aja. Kalo bisa dari Manggarai, pilih bagian kepala ujung pas boarding, supaya pas sampe di bandara jalannya ga terlalu jauh dari ujung sebelah ekor
(Mmm sebenernanya kereta ga ada kepala dan ekornya sih, karena bolak balik haha)

Tempat duduk tiap gerbong juga dibagi dua bagian, menghadap ke depan dan ke belakang, kursi cukup luas, bisa disandarkan kira-kira 30⁰, ada colokan usb standar di tiap kursi kalo mau nge-charge gadget






Jam 17.10 tepat kereta jalan dari Manggarai, berhenti di beberapa stasiun dan menuju pemberhentian terakhir di bandara Soekarno Hatta jam 18.10

Di bandara tempat pemberhentian terakhirnya bukan di terminal 1, 2, atau 3. Jadi setelah turun kereta bandara tinggal naik skytrain atau kalayang ke arah terminal tujuan, ada petunjak arahnya kok tinggal ikutin aja.



Sampai deh di terminal tujuan, tinggal check-in.

Happy banget
Murah, mudah, aman, nyaman dan cepat sampe'nya.

Sekarang ke bandara jamnya beneran pas, gak mungkin terlambat. Karena waktu berangkat pasti, waktu tempuh tepat, dan waktu tiba juga sesuai jadwal. Gak ada tuh alasan macet di jalan, apalagi bete karena abangnya ngetem.

You Might Also Like

0 comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: