Generasi Milenial, Generasi "Doyan Ngutang" Demi Gaya Hidup

ilustrasi
Awalnya hidup kita tuh santai, tapi komentar netizen yang bikin kita kalang kabut, iri dengki, ngutang sana sini demi gengsi
Pedes sih, emang.
Miris, iya.

Beberapa waktu lalu saya membaca sebuah riset data dari Northwestern Mutual's 2018 Planning & Progress Study, kalau generasi milenial berusia 18-34 tahun memiliki utang terbanyak sepanjang tahun lalu hingga saat ini.

Bahkan generasi milenial memiliki utang sekitar USD 32.000 atau setara Rp 448,95 juta. Jumlah tersebut belum termasuk hutang kredit pemilikan rumah (KPR) yang dimilikinya.

Selain itu, menurut CreditCards.com, lebih dari 60 persen generasi milenial yang memiliki utang, tidak tahu kapan hutang tersebut akan lunas.

Demi apa? Demi kebutuhan mendesak? Atau cuma gaya hidup?
Bisa dijawab oleh diri masing-masing.

Baru menikah, ngontrak rumah petak, ke mana-mana naik motor pelukan sama pasangan halal. Romantis bangetttt

Semuanya indah, sebelum datang nyinyiran
"Masih ngontrak aja, si anu udah ambil KPR tuh"
"Kasian ntar punya anak, masa pake motor ke mana-mana, ambil kredit mobil aja, ga mahal kok"

Awalnya, kita punya ponsel jadul aja ga masalah.
Tapi bisikan "Widiihh, si itu ponselnya udah baru lagi lho, canggih banget"
"Wah, tas doi udah baru lagi"
"Eh, belum bisa beli langsung ga apa-apa, di gw bisa cicil kok"
"Asyiikk, e-commerce sekarang udah bisa pay later"

Sakit ya. Hidup kok rasanya berat banget mikirin gimana caranya memenuhi kebutuhan atau butuh gak butuh harus punya daripada dinyinyirin orang.

Berangkat dari fakta itu, saya melakukan survey kecil-kecilan ke beberapa milenial yang kebanyakan mengaku punya hutang yang cukup besar, bahkan hingga ratusan juta, bukan karena butuh tapi demi GENGSI.
  • Ros* "Iya, aku punya mobil, masih dua tahun lagi lunas sih. Ya gimana dong, sering pergi-pergi ke luar kota sama keluarga. Kalo ga ada mobil susah, kalo pake motor kasian anak"
  • U**an "Gw ambil KPR Ay, yang 25 tahun. Cicilannya ringan kok. Ya dibilang butuh banget juga enggak sih, tapi kan enak kalo udah punya rumah, daripada bayar kontrakan. Lagian ga enak sama mertua juga kalo anaknya gw cuma bawa ngontrak terus"
  • Le**i "Sebenernya aku sama suami ga masalah ngontrak dulu, tapi orangtua malah manas-manasin karena sepupu yang baru nikah udah ambil KPR. Jadinya aku juga ngajuin. Buat nunjukin aku juga bisa kok"
  • I* "Sering banget sih belanja di (salah satu e-commerce) pake pay later, ntar pas gajian dibayar. Enak sih, jadi walau pas gak punya uang bisa belanja dulu. Bayar belakangan. Jadi gampang"
Masih ada beberapa curhatan teman yang belum saya tuliskan. Semuanya HUTANG.

Menohok gak sih?
Kok gini banget ya hidup, kok ngutang udah jadi life style.


ilustrasi
Gak apa-apa kredit mobil, daripada ga punya
Gak apa-apa ngambil KPR, kalo nunggu nabung dari gajian, kapan punyanya.
Gak apa-apa kok belanja pake pay later, kan tiap bulan kebayar

Sebagai 'mantan' korban ngutang demi gaya hidup, saya menyesal dan sedih. Saya masuk dalam bagian dari milenial banyak gaya.

Belum waktunya punya maksa punya, ya ngutang itu.
Omongan netizen, tetangga, saudara, kenapa kok ngaruh banget sama hidup kita.

Capek gak sih?

Kalo udah capek banget, cuma bisa tutup telinga, tutup mata. Banyakin dzikir. Fokus sama tujuan hidup mau ngapain. Gak usah mikirin nyinyiran netizen, apalagi cuma teman sosmed yang ga kenal-kenal amat.

Ada beberapa alasan yang bikin milenial doyan ngutang
1. Kebutuhan mendesak
2. Gaya hidup tinggi yang tidak bisa kontrol
3. Teknologi mendukung untuk memudahkan berhutang
4. Nyinyiran / sindiran pihak ketiga, entah datang dari tetangga, teman tongkrongan, saudara, bahkan keluarga. Yang akhirnya gak tahan dengan kejulidan mereka

Nah nomor 4 ini nih, yang justru memengaruhi ke-tiga alasan sebelumnya.

Berat bosque, mohon banget buat siapa saja yang doyan banget nyinyirin kehidupan para milenial yang baru mau 'belajar hidup' ini jangan direcokin sama komentar-komentar pedas kalian. Jangan biarkan kami ini jadi berani ngutang karena ga tahan dengan mulut julid kalian.

Hiks :'(

0 Comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: