Install Aplikasi FatSecret, Seminggu Berat Badan Turun 1,5 Kilogram

Hi, blogger...

Tulisan kali ini khusus buat teman-teman para pejuang diet, yang hidupnya bosan gemuk, yang merindukan kurus.

Atau sebenarnya pernah kurus, terus menikah, hamil, bb naik 20 kilo, melahirkan, menyusui, harus makan banyak, eehh ASI-nya udahan, makan banyaknya keterusan. Jadi bb ga balik lagi normal, kayak saya :(((

Huumh, judulnya emang clickbait, tapi karena ini review tanpa dibayar, yang artinya saya emang mengalami perubahan secara berkala. Ini fakta.



 Saya install FatSecret tepat di awal Januari, baru mau 3 minggu sejak tulisan ini dibuat. Dan ada secercah harapan buat mbak-mbak pejuang kurus, karena saya berhasil turun berat badan, hampir 4 kilogram. Dalam waktu 3 minggu.

Pencapaian yang sungguh luar biasa, bukan? (tepuk tangan)

FatSecret apa sih?

Jangan salah kaprah ladies, ini bukan booster diet, apalagi obat pelangsing. Ini cuma aplikasi untuk menghitung jumlah kalori yang kita butuhkan.

Kalau mau tahu lebih banyak, bisa googling aja lah. Lebih lengkap informasinya. Saya cuma review singkat aja ya.

Tahu aplikasi ini udah dari dua tahun lalu, tapi gak paham, dan males nyari tahu. Motivasi diet masih turun naik, kayak iman :(

Tapi makin hari, lihat timbangan makin pengen nangis, liat foto-foto lama makin sakit hati. Akhirnya dibulatkanlah tekad untuk #Diet2020

Saya bukan tipe manusia yang berani nyobain diet ini itu, kayak di IG IG, apalagi minum obat dll. Mana mahal banget lagi modalnya.

Tapi ketika nyari tahu lebih banyak FatSecret, ini bukan buat diet. Tapi untuk mengajarkan kita mengatur kalori harian, pas buat kita yang mau defisit kalori. Buat menjalani hidup secara sehat. Bukan fokus menurunkan berat badan. Tapi mengatur pola makan. BB turun itu bonus.

Sebelum ke lebih lanjut, mungkin kita harus sama-sama pahami tentang "Apa sih defisit kalori?"

Menurut data dari Healthline, kalori adalah satuan energi yang kita dapat dari makanan dan minuman. Ketika kita mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang kita bakar, maka kita sudah mencapai defisit kalori.

Nah, jadi jelas dong kalau kita itu harus tahu, berapa kebutuhan kalori harian kita, dan berapa yang harus masuk ke badan kita.

Karena kalau kalori yang kita makan lebih besar dari kalori yang kita butuhkan, ya, ga heran deh kalo jadi gemuk :(

Menurut ilmu para ahli sih kita bisa defisit 500 kalori perhari untuk menurunkan BB secara sehat. Gimana cara ngitungnya?

Nah, itulah gunanya aplikasi FatSecret. Untuk menghitung kalori harian yang kita konsumsi.

Sebelum input semua data, saya juga membandingkan dengan menghitung BMR dan TDEE

Ga usah bingung banget deh, itu cuma istilah. Buat patokan aja.

Singkatnya BMR atau "Basal Metabolic Rate" energi yang kita keluarkan untuk hidup. Kayak fungsi otak buat mikir, fungsi jantung mompa darah, buat ngedip, buat batuk buat apapun deh.

Kalau TDEE atau Total Daily Energy Expenditur itu energi gabungan yang emang kita keluarkan setiap hari.

Jadi kenapa kita harus tahu angka-angka itu, karena kita harus makan jangan kurang dari angka BMR tapi jangan lebih dari TDEE.

Coba kunjungi web-web ini buat cari tahu BMR dan TDEE kamu! (ada banyak kok web buat ngitung ginian)

hellosehat cara hitung kalori
calculator.net/tdee-calculator

Saya kasih contoh, di usia saya sekarang, dengan berat badan dan tinggi badan sekian, saya butuh kurang lebih 1.200 kalori harian dari total TDEE 1.700 kalori

Kenapa 1.200 aja?
Karena saya defisit 500 kalori setiap hari untuk program menurunkan berat badan.

Gampang kan ngitungnya?



Jadi setiap hari saya harus makan jangan lebih dari 1.200 kalori, 80% clean food, masaknya juga harus bener, aktivitas aktif walau tipis-tipis, semacam jalan, olahraga harian walau 20-30 menit sehari. WAJIB

Apa makanan yang saya makan?
Apapun, selama itu clean food, saya banyakin protein, sayuran dan buah. Saya hindari gula garam berlebih, makanan dari bahan dasar tepung, kurangi minyak, dan kurangi nasi putih.

Berat bangeeetttt...

Coba deh motivasinya ditambah. Mau cuma kurus atau hidup sehat? Saya sih milih hidup sehat, kurusnya bonus. Alhamdulillah udah jadi kebiasaan. Apalagi sering dengar dr. Zaidul Akbar yang selalu menceritakan keutamaan makan makanan sehat dan cerita pola makan Rasulullah sehari-hari, udah sebenar-benarnya manusia yang harus dicontoh.

Menjalani ini kurang dari 3 minggu saya sudah lost weight 3 kilo hehehe
Goalnya masih kurang 5 kilo-an lagi, semangaat...

12 Comments

  1. saya sudah makan sesuai perhitungan utk defisit kalori ko bb nya malah naik ya mba, kalori saya juga sama di 1200,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba diperhatikan jenis makanannya Kak. Sama apakah dibarengin dengan olahraga rutin dan istirahat cukup?

      Hapus
  2. hi kak aku baru download tadi pagi, bmr aku 1300 dan tdeenya 1567 berati kalori harian aku gaboleh lebih dr 1300 ya? makasih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau berniat kurangi BB, bisa makan di antara BMR dan TDEE kak, biasanya TDEE dikurangi 500, tapi jangan kurang dari angka BMR. Cmiiw yaa hehe

      Hapus
  3. Perhitungan yg di fat secret itu tdee atau bmr ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya di aplikasi itu perhitungan AKG (Angka kecukupan gizi) deh kak, biasanya saya hitung sendiri TDEE dan BMR di situs lain. Di fatsecret saya pakai cuma untuk ukur dan kontrol makanan yang masuknya, karena lengkap. Cmiiw yaa hehe

      Hapus
  4. kak,aku baru pemula aku download fatsecret target kalori aku 1600 tapi aku makan cuma 500-600an aku baru download Kamis/17/06/21 trs kayak dijumlahin dari fatsecret nya kalori yg aku makan selama kamis-sabtu jumlah nya 2059kkal itu ga ngaruh kan ka? soalnya target aku 1600 tapi makan cuma 500-600
    please,tell me kak aku baru pemula bgtt huhu😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum hitung kalori masuk, harus hitung dulu tdee dan BMR dulu. Intinya jangan makan di bawah bmr kak. Nanti kebutuhan kalori harian kita gak terpenuhi. Bisa lemes dan organ kita gak dapet asupan cukup.

      Hapus
  5. Kak mau tanya dong aku gak terlalu ngerti , itu kan di app nya kita udh catat bb skrg sama target bb yg di pengen , nah muncul kan disitu target kalori 2000KKal berarti kita itu sehari gak boleh dari 2000Kkal itu ??.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita mau diet, biasanya kurangi 500 kalori dari total kalori harian kak. Misalnya kalori harian kita 2000kkal, artinya kita masih aman makan 1500kkal. SUpaya ga over tapi juga ga lemes karena kurang nutrisi.

      Tapi yang terpenting atur juga menu makanannya sih. Harus gizi seimbang.

      Hapus
  6. Klo bmr sya 1300 tdee 1800 trus yg di fatsecret 1700.itu gimana mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau turunin BB, bisa makan 1300-1400 kalori. Jangan di bawah bmr sih yang penting biar gak kurang nutrisi.

      Hapus

Silahkan tinggalkan pesan di sini: