Review : Mengenal Fitur-fitur Anyar Ruangbelajar di Ruangguru



Enak ya siswa Sekarang? punya banyak ruang buat belajar di Ruangguru

“Belajar kelompok nanti jam 2 ya di depan rumah di Dede…”

Ujar saya ke lima teman yang masih asyik nyalin pelajaran dari papan tulis di depan kelas ke buku catatan.

Pulang sekolah, sholat dzuhur, makan siang, jam 2 teng beneran udah ngumpul di depan rumah si Dede untuk kerja kelompok dengan lima rekan lain yang juga sudah standby. Menyelesaikan beberapa mata pelajaran yang dirasa di sekolah tuh rumit banget dikerjain sendiri. Apalagi kalau ada PR

20 tahun lalu, ruang belajar itu cuma ada tiga. Ruang kelas, ruang depan teras rumah teman waktu belajar kelompok, dan ruangan kamar ketika belajar sendiri di rumah. Oh ya, nanti menjelang kenaikan kelas terutama di tahun terakhir sekolah bakal ada les khusus yang dikasih bapak / ibu guru, semacam kelas tambahan.

Begitulah cara siswa dulu ‘memaksa’ memasukan ilmu dan pelajaran di sekolah dengan ruang yang terbatas. Tapi toh, anak-anak tetap semangat apalagi kalau jelang kelulusan atau kenaikan kelas.

Gak pernah kebayang akan ada ruang belajar lain yang bentuknya online seperti sekarang. Bahkan gak cuma satu, bisa pilih dari berbagai platform yang diinginkan. Semuanya mendukung siswa untuk belajar bahkan bantu memberi jawaban atau penyelesaian rumus yang rumit sekalipun.

Anak SD tahun 90-an, mana kenal kursus online, apalagi di daerah yang jauh dari perkotaan. Kami gak kenal bimbel, gak ada tempat kursus primagama apalagi Kumon.

Beneran aneh banget kalau siswa zaman now gak lebih pinter dari siswa 20 tahun lalu. Sarana beajarnya berlimpah banget cooyyy… udah gak paham lagi.

Anak zaman dulu, semangat menuntut ilmunya besar tapi ruang belajarnya terbatas. Siswa zaman now ruang belajarnya berlimpah tapi masih banyak yang tidak bisa memaksimalkan fasilitas. Sad.

Ngomongin sarana belajar online, udah gak perlu dijelasin lah pasti anak-anak dan ibu-ibu yang punya anak atau keluarganya masih usia sekolah pasti kenal dengan salah satu platform terbesar untuk belajar, Ruangguru.

Ruangguru dan semua fitur terbaik di dalamnya

Ruangguru, aplikasi belajar online terbaik, terbesar, dan paling populer di Indonesia. Kebayang dong lebih dari 20 juta siswa memanfaatkan belajar online di Ruangguru. Mungkin kalau saya masih jadi siswa, udah ‘gak butuh’ kerja kelompok di teras rumah si Dede untuk ngerjain tugas. Bakal lebih milih install aplikasi Ruangguru juga.

Ada banyak alasan kenapa Ruangguru jadi platform belajar online paling populer, bukan cuma karena brand ambassador mereka keren-keren dan dicintai banyak anak muda. Lebih dari itu, Ruangguru memang punya banyak produk yang memudahkan para pelajar untuk belajar online.

Sebut saja ruangkelas, ruangles, ruanguji, ruangbelajar, dan masih banyak ruangan lain yang bisa dengan mudah diakses oleh semua siswa di manapun, kapanpun, oleh siapapun. Yup, se-tidak terbatas itu.

Kalian pernah akses Ruangguru gak sih? Saya sedang buka salah satu ruangan yang menurut saya super komplit dan sebagai generasi 90an yang sudah meninggalkan bangku sekolah 20 tahun lalu, jadi berasa iri liat fitur dan fasilitas di dalamnya.


Ruangbelajar, adalah salah satu produk ruangguru yang sungguh bikin geleng-geleng kepala. Gila ya, belajar di ruangan ini tuh SELENGKAP itu.

Dalam satu aplikasi, semuanya ada. Ribuan materi pelajaran yang bentuknya animasi video, gak cuma text doang. Soal latihan, bahkan ada rangkuman yang udah dibuat menarik jadi infografis, dan semuanya bisa didownload dan diakses offline. Mau nangisssss.

Pengen balik jadi siswa lagi :’(

Semakin scroll ke bawah di Ruangbelajar, semakin takjub dan bangga aja gitu sama pembuat platform ini. Mereka dengan baik hati memudahkan siswa di seluruh belahan dunia untuk bisa mengakses materi pelajaran tak terbatas.

Baca Juga Tanya Roboguru untuk Semua Jawaban Soal Latihan Kamu!

Beberapa fitur seperti Ruangguru PET, ruangguru adventure berbasis gamification yang bikin siswa semangat belajar karena berasa lagi main game, ada jadwal belajar untuk mendispilinkan waktu siswa, main asah otak, sampai detail laporan belajar para peserta didik.

Terbaru, ruangguru juga merilis fitur anyar mereka seperti Adapto, yang berupa ‘kuis’ serta jawaban yang bisa mengarahkan siswa sesuai kemampuan mereka. Jadi para siswa beneran bisa milih materi pelajaran sendiri yang mereka inginkan dan kuasai.

Ada lagi fitur Rencana Belajar, gak cuma dengerin musik bahkan untuk belajar aja ada menu ‘Playlist belajar’ yang bisa siswa putar dan replay atau lanjutkan sewaktu-waktu ketika jam belajarnya ketunda.

Ada fitur untuk transkrip materi berupa Subtitle Video, Fitur Pencarian untuk memudahkan siswa mencari materi, fitur belajar sambil main game baru di Pet Mission, sampai ada test psikologi yang bisa mengenal karakter siswa di fitur terbaru Tes Minat Bakat.

Dengan banyak fitur di ruangbelajar, makin meningkatkan semangat dan minat belajar para siswa. Memperluas kesempatan untuk membentuk siswa yang berkualitas.

Jutaan orangtua merasa terbantu dengan adanya platform ruangguru dan produk di dalamnya. Salah satunya semua fitur yang ada di ruangbelajar.

Ada platform belajar online lain yang selengkap ini? No wonder sih kalau ruangguru jadi platform belajar online nomor satu.

0 Comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: