5 Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Melahirkan

image by shutterstock

Untuk kembali pulih dan bugar setelah melahirkan, setidaknya Anda memerlukan waktu 6-8 minggu. Proses pemulihan itu kerap disebut dengan istilah periode postpartum.

Ada banyak perubahan yang akan Anda alami, mulai dari fisik sampai emosi sebagai bentuk penyesuaian menjadi ibu baru. Supaya lekas pulih, yuk, simak beberapa hal ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Setelah Melahirkan

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan setelah melahirkan:

image by shutterstock


1. Istirahat yang cukup

Ini merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan. Ketika setelah melahirkan, tubuh Anda akan merasa sangat lelah. Efek melahirkan, terutama ketika melakukan operasi sesar pasti masih akan terasa. Belum lagi kebiasaan baru untuk merawat dan menyusui si kecil.

Maka itu, Anda diharuskan untuk cukup istirahat. Usahakan untuk tidur siang setelah melahirkan bila bisa. Bila tidak bisa, coba tidur kapanpun anak Anda tertidur, Moms. Minta bantuan kepada suami maupun kerabat untuk membantu mengurus si kecil pada masa-masa awal pasca melahirkan.

Kenapa Anda diharuskan beristirahat cukup setelah melahirkan? Dikutip dari laman Momslyfe, kadar sitokin dalam tubuh Anda akan berkurang bila kurang tidur. Dampaknya, ibu baru yang kekurangan sitokin akan mudah sakit.

2. Perawatan kontraksi pasca melahirkan

Sebagian perempuan yang habis melahirkan bisa saja mengalami kontraksi. Anda bisa saja merasakan sensasi seperti nyeri haid yang teramat sangat dan mengalami perdarahan yang berlebih. Tapi jangan cemas, Moms. Hal itu normal terjadi. Kontraksi itu merupakan pertanda dari rahim Anda yang kembali ke bentuk semula sebelum hamil.

Agar rasa sakitnya berkurang, Anda bisa mengompres daerah perut Anda dengan air hangat. Namun bila rasa sakitnya tak kunjung berkurang dari hari ke hari, Anda disarankan untuk mendiskusikan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

image by shutterstock

3. Tips atasi nyeri vagina

Bila Anda melewati persalinan normal, pasti akan merasakan nyeri pada vagina. Nyeri itu terjadi akibat adanya luka robekan atau sayatan pada jalur lahir si kecil. Nyeri itu biasanya akan berlangsung selama beberapa pekan, begitupun luka bekas sayatannya yang butuh beberapa minggu untuk kering dan sembuh.

Untuk mengurangi rasa sakitnya, coba gunakan bantal sebagai alas duduk supaya nyerinya reda. Jangan lupa konsumsi makanan tinggi serat dan rutin minum air putih agar Anda tidak mengalami konstipasi yang membuat Anda terlalu keras mengejan.

Jangan lupa juga untuk merawat bekas jahitan Anda dengan melakukan berbagai hal berikut:

  • Mengompres area luka dengan es batu yang dibungkus kain selama beberapa kali sehari maksimal 10 menit per sesi.
  • Membersihkan luka dengan air hangat dan memastikannya tetap kering.
  • Menggunakan air hangat untuk membasuh area vagina ketika buang air kecil.
  • Mengganti pembalut secara berkala, setidaknya 2-4 jam sekali agar terhindar dari infeksi.
image by freepick

4. Perawatan pasca operasi sesar

Luka sayatan bekas operasi sesar pasti akan terasa sakit di minggu-minggu pertama. Untuk mengurangi sakitnya, konsumsi obat pereda nyeri yang diresepkan dokter. Anda juga bisa menempelkan bantal hangat di sekitar luka agar terasa lebih nyaman.

Perhatikan posisi Anda ketika duduk dan berjalan. Usahakan agar postur tubuh Anda baik dan tidak menekan area perut secara berlebihan. Hindari juga mengangkat benda terlalu berat agar bekas operasinya tidak meregang terlalu kuat secara tiba-tiba.

5. Jaga kesehatan payudara

Payudara Anda akan mengalami perubahan pasca melahirkan. Ukurannya akan membesar dan akan mengeluarkan ASI. Untuk merawatnya, Anda bisa mengompres payudara sebelum dan sesudah menyusui si kecil. Pakai bra dengan ukuran dan bahan yang tepat dan nyaman untuk mengurangi rasa sakit di daerah dada.


0 Comments

Silahkan tinggalkan pesan di sini: